Senin, 10 Maret 2014

GALERI FOTO JANUARI 2014


     Temanggung, itulah lokasi dari kegiatan lapangan kali ini. Sudah menjadi rutinitas bagi ponpes Taruna Panatagama untuk menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar dan ujian semester diluar kelas. Kegiatan kali ini dilakukan di pedesaan lereng gunung Sindoro tepatnya di desa Bansari, kecamatan Bansari, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Disana “anak-anak” _maksudnya santri_ berbaur dengan masyarakat yang umumnya petani. Mayoritas petani disana sangat bergantung dengan komoditas Tembakau (Nicotiana tobacum), walau saat ini sudah mulai mencoba bercocok tanam dengan komoditi yang lain yakni sayuran.

     Konsep belajar langsung kepada obyeknya memang sudah sejak awal digagas sejak berdirinya ponpes ini. Karena dengan konsep pembelajaran yang demikian “anak-anak” tidak lagi terpenjara dengan teori-teori, konsep-konsep yang ada di buku-buku pelajaran. Buku pelajaran memang bermanfaat memberikan maklumat bagi peserta didik, tetapi itu hanyalah awalan untuk memahami fakta(onyek) yang sebenarnya yakni; alam semesta, masyarakat dan al-Quran yang masing masing diramu dalam masing-masing peergroup pelajaran sains, sosial dan tsaqofah.

     Kegiatan berlangsung selama 12 hari semenjak 8 januari 2014 hingga selesai. Memang rentang waktu kegiatan demikian dirasa yang cukup lama jika dibandingkan kegiatan outdoor setaraf sekolah menengah. Apakah kemudian muncuk kekawatiran apabila ada “anak-anak” merasa bosan? Tidak, justru dengan pembelajaran di alam, “anak-anak” merasakan suasana baru, pengalaman baru dan teman-teman baru yang itu justru tidak mereka dapatkan jika pembelajaran berlangsung di kelas.[aga]
 
KEGIATAN SANTRI PUTRI
 











 





Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | 100 Web Hosting