Jumat, 01 Juni 2012

WEEKEND PROJECT OF SCIENCE

Kegiatan weekend project of science yang dilaksanakan pada tanggal 1-3 juni 2012 di desa umbul harjo tepatnya dibawah lereng merapi ini mengangkat tema "The Power of Water" mengungkap kekuatan dari potensi air dalam proses untuk membangkitkaan kesadaran berpikir santri dan membangun kecintaan terhadap ilmu sains dan teknologi. 



***
Kegiatan observasi dimulai pada pukul 16.00 bertempat disungai kali adem. Hari pertama kegiatan weekend project of science, kegiatan dimulai dengan melakukan observasi di sungai kali adem desa umbul harjo, sleman yogyakarta. Tepatnya dibawah lereng merapi. Para santri diminta untuk mengamati sungai kali adem yang ketika terjadi erupsi merapi sungai ini tertutup dengan lahar dingin, proses awal yang dilakukan santri dalam melakukan observasi adalah mengamati proses suksesi biotik yang terjadi disepanjang sungai kali adem, disamping itu juga tugas yang mereka emban untuk mencari titik sumber air dimana harapannya nanti air tersebut bisa dialirkan dan mengetahui proses warga merapi dalam memenuhi kebutuhan air yang berasal dari lerang merapi dengan menggunakan alat seadanya.



***
Selanjutnya kegiatan berlanjut pada  malam harinya dengan bedah film "Tri Mumpuni, Pemanfaatan Teknologi Micro Hydro Untuk Menghasilkan Energi Listrik di Subang Jawa Barat". Wejangan yang diberikan ust. Yoyok Tindyo Prasetyo memiliki beberapa pesan yang perlu dipamahi betul oleh para santri. Beliau berpesan bahwa seorang muslim juga harus memiliki kecintaan terhadap sains dan teknologi untuk meraih apa yang menjadi visi besar untuk mengembalikan kejayaan islam




***

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | 100 Web Hosting